Puisi Cinta Romantis Dalam Rasa dan Manfaat

Puisi cinta romantis menjadi bumbu percintaan, baik di kalangan remaja atau orang tua. Tak heran bila tema itu memiliki jumlah terbanyak dalam pencarian di Google. Hal ini karena makna romantis sendiri adalah luapan penuh perasaan kasih-sayang sehingga tepat melengkapi jalinan cinta dua hati. Siapa sih yang tidak menikmati lembah madu yang manis-gurih apalagi disertai suguhan puisi yang penuh dengan luapan kasih-sayang (romantis)? Tentunya, anda yang membaca tulisan ini, adalah orang karena ingin menikmatinya.



Dalam sisi ini, ada sebuah pertanyaan besar, apa yang disebut puisi cinta romantis yang sesungguhnya? Apa berbedaan dengan puisi cinta pada umumnya yang juga menggambarkan sebuah luapan kecintaan atau kasih sayang?

Puisi Cinta Romantis, Luapakan Cinta Berbagai Rasa

Pada dasarnya, puisi cinta romantis (atau bisa disebut hanya ‘puisi romantis’) tidak bisa berdiri sendiri. Hal ini berkaitan dengan dunia nyata percintaan yang meliputi rasa rindu, patah hati, sedih dan lucu. Sikap romantis adalah sikap yang menunjukkan penuh rasa kasih-sayang yang akan menimbulkan berbagai rasa. Bila jauh maka akan merasakan kerinduan yang mendalam; bila mengalami patah hati karena kasih-sayangnya tidak dibalas ikatan cinta dari si target, dan berbagai hal yang melingkupi dunia percintaan. Namun pada praktek menuliskan puisi, biasanya menulis puisi romantis lebih kepada untuk memberikan atau menggambarkan kebahagiaan.

Dalam hal ini, puisi cinta romantis memiliki rasa spesial di kalangan pencita sebagai bumbu yang membahagiakan. Karena memiliki rasa spesial untuk membahagiakan atau menggambarkan kebahagiaan sehingga pemilihan kata dalam pembuatan puisi pun menjadi hal penting − dan semua puisi memiliki kepentingan dalam pemilihan kata. Namun di titik pemilihan kata, bisa mengamburkan spesifikasi puisi cinta yang indentik dengan romantis. Bisa jadi melenceng dan mengarah pada pembuatan puisi rindu, patah hati, sedih dan sebagainya yang tetap dianggap suatu yang romantis. Ya, hal ini kata romantis sendiri sesuatu yang ‘absurd’ yang bisa dimasuki semua rasa.

Apakah puisi cinta dengan rasa rindu tidak bisa dibuat dengan romantis? Tentu sangat bisa. Hal ini karena kasih-sayang yang diluapkan tidak dalam jangkauan yang dekat pada si target kekasih. Sudah banyak kan orang-orang yang menjalin cinta jarak jauh, baik yang sudah menikah atau masih status pacar? Apakah puisi cinta dengan rasa rindu tidak bisa dibuat romantis? Justru puisi rindu lebih kuat dalam sisi romantisnya.

Pada intinya, romantis atau luapan penuh kasih-sayang bisa bercampur dengan rasa lain seperti cemburu, rindu, sedih, dan yang lainnya. Ketika dikatakan puisi cinta romantis bisa masuk di dalam segala rasa pada puisi cinta, tidak ada batasan mengenai spesifikasi romantisnya. Hanya saja, para pencari puisi dan pembuat puisi cinta seakan mengelompokkan puisi: puisi romantis, dan puisi dengan rasa cinta yang lainnya.

Ada yang menyatakan, “Kan romantis bisa terbentuk bila sudah terjalin komunikasi dan masing-masing menunjukkan keromantisan”. Bisa dikatakan dari ucapan tersebut adalah bersifat adegan komunikasi keromantisan, baik isyarat atau ucapan. Misal seperti orang yang selalu memberi puisi pada kekasihnya setiap berjumpa atau lewat jarak jauh. Hal tersebut memang benar dan begitulah luapan kasih sayang yang berisi aneka warna perasaan. Bila tidak ada komunikasi, bagaimana bisa dianggap romantis? Namun yang jadi masalah, apakah harus satu warna perasaan dalam meluapkan kasih sayang?

Hal ini berkaitan dalam pembuatan puisi cinta yang identik dengan puisi romantis yang banyak betebaran di internet. Seolah puisi romantis berbeda dengan puisi kerinduan cinta, katakan cinta, kesedihan cinta dan hal lain yang berupa luapan kasih sayang. Padahal, romantis adalah suatu pandangan luapan perasaan kasih sayang.

Di sini mengambil jalan tengah, definisi romantis adalah sebuah luapan kasih sayang, cinta untuk kekasih yang di dalamnya memiliki nilai kebaikan dan bertujuan untuk menjalin hubungan yang erat. Bila tanpa itu, deromantis, yang mana mengatasnamakan cinta namun identik dengan kriminal, kejahatan, dan keburukan-keburukan lainnya.

Bila berkaitan dengan puisi cinta romantis, maka dalam proses pembuatannya berdasarkan definisi yang sudah saya jelaskan.

Manfaat Menulis Dan Memberi Puisi Cinta Romantis Untuk Kekasih

Manfaat menulis puisi yang pernah saya alami adalah mempertajam pembuatan alur cerita dengan sentuhan kata-kata indah. Bisa dikatakan menulis puisi adalah menulis sinopsis yang memiliki unsur seni. Bahkan saya selalu membuat cerpen yang berasal dari puisi. Ini menandakan, syarat utama menulis cerita, bisa dikatakan harus bisa membuat puisi.

Terlebih bisa menulis puisi cinta, maka perasaan kita bisa memiliki sikap romantis. Orang yang tidak pandai berkata-kara romantis biasanya tidak pandai juga dalam membuat puisi cinta. Jadi, menulis puisi cinta bisa menjadi prioritas anda dalam hal percintaan. Hal ini bermanfaat untuk kelanggengan hubungan percintaan.

Ada pengalaman menarik dari pengalaman saya sendiri. Memberikan puisi bisa menambah cinta sang kekasih. Mengapa demikian? Kekuatan indah cinta yang tertuang dalam kata-kata itulah yang membuat kekasih bertambah cinta. Namun dalam hal ini membutuhkan catatan. Tidak semua orang menyukai puisi dan peluapan perasaan lewat puisi. Bukan menambah cinta, malah memberikan puisi membuat risih kekasih.

Berikut catatan puisi cinta berlaku untuk percintaan:
  • Untuk penyuka penulis tulisan fiksi
  • Untuk penyuka membaca tulisan fiksi
  • Untuk diberikan pada si wanita. Jarang terjadi wanita memberikan puisi untuk kekasih wanita.
  • Untuk hubungan yang sudah saling mencinta.
  • Kesepakatan pengiriman puisi. Jangan memberikan puisi bila kekasih tidak menyukai

Kumpulan Puisi Cinta Romantis

Saya akan memberikan kumpulan berbagai jenis puisi cinta romantis sebagai contoh agar anda mengerti bahwa rasa romantis bukan hanya pada rasa bahagia, tetapi juga sedih dan bisa marah. Terpenting sikap romantis bisa dituangkan dalam nilai kebaikan untuk kekasih.

Banyak puisi bertebaran di internet, namun yang paling indah adalah puisi karya diri anda sendiri. Untuk itu, kumpulan puisi karya saya di bawah bukan untuk diberikan kekasih. Anda bisa mengambil ide dari puisi cinta romantis di bawah.

Pre Wedding

Tebar pesona pencahayaan cinta. Memeluk harapan menjalin ikatan. Alur waktu telah menjadi kisah walau kisah cinta terpenggal-penggal waktu.

Hangat cinta dingin duka harap kesatuan takut perpisahan semua menjadi saksi bisu bahwa kini pernikahan di dekat waktu. Semua hati menunggu, kita di depan penghulu.

Tak lupa sambut hangat, dua keluarga beradu bahagia. Kisah cinta anak-anaknya yang penuh gejolak menyeruak penuh pesona di depan mereka.

Empat mata saling pandang walau tak sembarang tetap malu yang terpandang. Pre perkawinan masih dalam pertanyaan. Semoga Tuhan menyatukan cinta kita dalam pernikahan.

Pernikahan

Sahabat. tak sadar lajangmu sudah selembar pergi. Beralih lembar baru membingkai indah di malam ranjang. Berselimut kekasih hati, suamimu. Menghangatkan jiwa ragamu.

Sahabat. Kini kau dalam selimut lembut perkawinan. Menari dalam pentas kesucian. Kini kebahagiaan kan dirasa sejati menemani desah nafas dirimu.

Sahabat. Aku hanya sendu bahagia. Melihatmu kini dalam jalinan suci asmara. Biar dirimu aku lepas bila inginkan putus melepas menyudahi kisah dalam seikat sahabat.

Aku sahabatmu dalam rela. Kau ikut bersama dengan langkah suami kemana ia pergi. Aku tetap bahagia walau suatu saat rindu menggunung tinggi tak bertepi dalam gapai mimpi.

Sajak untuk Pujaan

Pujaan, dirimu cahaya kehidupan. Menerjang gelap dengan lembut terikis gelap lalu membuka terang. Berharga cerah cahayamu membuka tabir indah bunga. Jiwamu dalam kemenangan di saat sebelah kehidupan masih gelap dalam jiwa.

Pujaan, dirimu cahaya terang. Menemani dalam hidupku dan aku memandang terang melihat jalan: krikil, pepohonan, dan lalu lalang kehidupan. Aku mengerti, memang kehidupan kembali mengadu memandang cahaya.

Pujaan, dirimu cahaya terang. Kau kekasihku dalam catatan kisah harian. Bait demi bait sajak berkisah tentangmu dalam pujian. Kau memberi selarik kearifan. Tingkat ketinggian bersemayam pada jiwamu dan sekedar hiasan tentang tingkat ketinggian untukku


Dunia Bukan Panggung Sandiwara

Para petani menanam padi. Para buruh riuh bekerja pagi. Para pedagang senang pelanggan datang. Anak-anak semangat langkah menuju sekolah. Ibu-ibu menyusui tangis bayi pagi hari. Dunia mereka bukan panggung sandiwara.

Menatap gadis di ujung sunda. Seindah cinta sejujur rasa. Cinta hadir pada diriku dengan sejujur rasa. Mengikat cinta menuju asa. Ikatan suci untuk merangkai cerita. Dunia kita bukan panggung sandiwara.

Setitik sajak bermakna banyak. Untuk seseorang yang aku sayang. Menjadi teman di kala lamunan. Karna sajaku adakah diriku.

Diriku untuk dirimu dan dirimu untuk diriku. Dunia bukan panggung sandiwara.

Cinta Di Terbit Mentari

Kubuat sajak dalam terbit mentari dalam lembut nafas ketenangan.

Aku sentuh dadaku dan rasakan degup irama cinta. Kau pun tahu, aku dalam cinta padamu. Tapi biarlah cinta ini dalam hidup nafas ketenangan. Kau pun perlu hadirkan hati ketenangan.

Aku mampu mencintaimu tapi Tuhan lebih mampu menjawab cinta. Tak perlu usaha menggila karena itu gila dan gila hanya binasa.

Pilihanku dan pilihanmu biarlah menyatu dalam keserasian hati dan itu dinanti. Tak perlu paksakan pernyatuan air dengan minyak karena itu merusak.

Aku hanya pecinta sejati padamu di dalam kebebasanmu.


cinta segitiga

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya

0 Response to "Puisi Cinta Romantis Dalam Rasa dan Manfaat"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel di blog saya, silahkan tinggalkan komentar